International

Tips Melamar Pekerjaan Untuk Lulusan Baru

Tips Melamar Pekerjaan Untuk Lulusan Baru

Tips melamar pekerjaan untuk lulusan baru. Setelah meluluskan diri dari perguruan tinggi atau jenjang pendidikan lainnya, tentunya langkah yang akan kita ambil selanjutnya adalah mencari pekerjaan dan mulai berkerja untuk menghasilkan pendapatan sendiri. Adapun kenyataannya, mencari pekerjaan tidaklah semudah yang dibayangkan, sebab memang ada begitu banyak pesaing atau orang orang yang sama sama mencari pekerjaan bersama dengan kita. Bahkan untuk lowongan dengan kuota 3 orang saja, akan dilamar kurang lebih oleh 300 atau 3000 orang. Itu artinya kita hanya memiliki peluang kecil untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Disamping itu, mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia kerja saja, yang sudah sarat akan pengalaman masih sulit untuk mencari pekerjaan baru, apalagi kita yang masih lulusan dari SMA/SMK atau perguruan tinggi. Nah, dalam bahasan kita kali ini, kita akan membicarakan mengenai tips mencari pekerjaan untuk lulusan baru, baik dari tingakatan SMEA / SMA / SMA hingga S1 atau dari perguruan tinggi. Langsung saja kita masuk ke dalam inti bahasannya ;

sponsore jasa buat website jakarta

Buat CV Semenarik Mungkin

Tips Melamar Pekerjaan Untuk Lulusan Baru

CV atau curriculum vitae adalah berkas paling umum sekaligus paling penting yang pasti akan kita bawa dan serahkan ketika akan melamar suatu pekerjaan di perusahaan orang lain. Dan dari sisi perusahaan juga pasti akan melihat CV kita terlebih dahulu untuk tahapan seleksi paling awal yang akan mereka lakukan. Keadaan ini memaksa kita untuk membuat CV dengan baik dan menarik, tujuannya adalah agar CV kitalebih diperhatikan dan dibaca mereka dengan seksama. Sebab menurut penuturan para penyeleksi di perusahaan perusahaan, mereka akan menyeleksi dengan sekilas setiap CV yang ada, mereka hanya memisahkan setiap CV kurang lebih 2 hingga 5 detik per CV, mereka akan memisahkan yang layak dan sisanya masuk ke tongsampah langsung. jadi buatlah CV anda tidak monoton seperti lain, contohnya menggunakan desain dan kertas yang berwarna dan berbeda dari yang lainnya. Penataan letak foto, pendidikan, nama, identitas secara rapih dan bukan sususan biasa. Ini akan membuat CV anda dilihat mereka dengan seksama dan jika lolos dalam tahapan itu, anda bisa dipanggil dan tinggal menghadapi tes interview.

Usahakanlah Untuk Melamar Pekerjaan Sesuai Dengan Pendidikan Atau Keahlian

Fenomena sekarang ini memperlihatkan ada begitu banyak orang yang melamar pekerjaan tidak sesuai dengan keahliannya, sebab mereka berpikir mencari pekerjaan susah dan sangat sangat susah dan mengharuskan mereka untuk mencari pekerjaan apasaja, termasuk yang bidangnya berlainan dengan kompetensi atau kemampuannya. Tentunya pemikiran itu benar, sebab memang mencari pekerjaan tidak semudah aygn dibayangkan, tetapi mendapatkan pekerjaan yang diluar bidang kita akan menyulitkan di masa yang akan mendatang. Contohnya adalah mereka yang memiliki kemampuan desain atau seni, malah menjadi admin atau data entri, tentunya mereka akan bosan bukan ? jadi carilah pekerjaan yang sesuai dengan bidang anda

Pahami Dan Terus Dalami Mengenai Bidang Pekerjaan Yang Anda Lamar

Memahami mengenai seluk beluk bidang pekerjaan juga sangat penting, sebab ini akan menentukan kompetensi dan kemampuan anda. Jadi jika sewaktu waktu ada pangilan dan tes interview, anda tidak akan sulit menjelaskannya atau ketika ada tes, anda akan mudah untuk menghadapinya, demikian juga ketika anda diuji coba untuk bekerja, anda akan mudah untuk melaksanakan pekerjaan itu.

Tips Melamar Pekerjaan Untuk Lulusan Baru

Kirim CV Atau Lamar Pekerjaan Di Banyak Tempat

Biasanya pencari kerja hanya melamar pekerjaan di beberapa perusahaan saja, contohnya perusahaan besar dan populer seperti Yamaha, Honda, atau lain sebagainya, padahal hal ini salah. Sebab jika anda terlalu terpaku di perusahaan itu anda tidak cepat mendapatkan pekerjaan, dan bayangkan jika sudah menunggu lama anda tidak dipanggil atau diterima, pastinya akan membuang banyak waktu.

Jangan Dulu Terpaku Pada Gaji

Nah ini yang sering membuat banyak orang gagal, terutama para pencari pekerjaan baru. Jika anda juga termasuk salah satu pencari kerja yang terlalu memperhatikan gaji, maka anda akan terancam gagal mendapatkan pekerjaan. Logikanya sederhana, anda adalah lulusan baru dan masih minim pengalaman dan pengakuand alam dunia kerja, bagaimana mungkin anda dapat bebeas meminta gaji atau mempermasalahkannya. Kecuali anda benar benar sarat akan kemampuan dan pengalaman, memiliki pengakuan dan banyak sertifikasi. Jadi untuk pertama tama, jangan terlalu memperhatikan gaji, walaupun hanya 2,5 juta sebulan, anda ambil saja dulu, nanti akan ada saatnya penghasilan anda naik.

Baca Buku Buku Mengenai Cara Ampuh Lulus Interview

Membaca buku mengenai tes interview juga sangat bermanfaat, sebab anda akan memiliki gambaran jelas atau sudah ada kisi kisi mengenai apa yang anda akan hadapi di tes tersebut nantinya. Sehingga anda akan lebih siap dan tahu apa yang harus anda lakukan atau anda jawab ketika ada pertanyaan dari pewawancara anda nantinya.

Tunjukan Skill Atau Kemampuan Anda

Skill atau kemampuan anda, baik dalam bekerja, bercakap atau berbicara atau lain sebagainya, harus anda tunjukan. Inilah yang akan membuka mata mereka sehingga mereka melihat anda layak dan mampu untuk bekerja di perusahaan itu. Tetapi ingat jangan terlalu berlebihan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari TNC Digital Media yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top