Bisnis Offline

Tips Memulai Bisnis Ikan Arwana

Tips Memulai Bisnis Ikan Arwana

Tips Memulai Bisnis Ikan Arwana.

Tips Memulai Bisnis Ikan Arwana. Kegiatan budidaya ikan hias arwana tidak hanya bisa dilakukan di kolam-kolam yang berukuran besar. Tetapi, kita dapat melakukan budidaya jenis ikan arwana ini di dalam akuarium. Hal ini mudah untuk dijalankan dan juga tidak membutuhkan banyak biaya. Terdapat langkah-langkah yang harus dijalankan untuk bisa melakukan budidaya di dalam akuarium.

Siapkanlah Media Untuk kegiatan Budidaya

Langkah yang pertama dalam usaha budidaya ikan arwana yaitu menyiapkan media untuk tempat budidaya yaitu sebuah akuarium beserta perlengkapannya yang mendukung. Jumlah akuarium yang diperlukan untuk melakukan budidaya ikan arwana yaitu sekitar 4-5 akuarium. Sedangkan, perlengkapan yang wajib ada seperti alat pengukur suhu, aerator, heater, serta filter air, dan juga lampu neon kecil.

Menentukan jenis Ikan Arwana yang hendak dibudidayakan

Langkah yang kedua, yaitu menentukan jenis ikan arwana macam apa yang akan  dibudidakyakan. Anda bisa melakukan riset pasar untuk mengetahui jenis ikan yang paling laku di pasaran. Selain itu, anda juga bisa menyesuaikan harga bibit ikan dengan modal yang dimiliki dan biaya oprasional lainnya.

Menyiapkan Indukan Ikan Arwana

Kualitas dari indukan ikan arwana harus tinggi. Dengan adanya indukan yang baik, maka dia akan mudah berkembang biak dan menghasilkan bibit bibit ikan yang berkualitas juga. Selain itu, ikan yang baik juga tidak akan rentan terhadapt penyakit.

Ikan arwana yang cukup siap untuk dapat dikembangbiakan ialah ikan arwana yang sudah mempunyai umur sekitar 4 tahun dan lebih. Usahakan ikan arwana dipisahkan dengan ikan ikan yang lainnya. Beri dia makan khusus yaitu udang

Waktunya untuk Mengembangbiakkan

Langkah yang selanjutnya kita harus memahami ikan arwana mana yang sudah menemukan pasangan. Cara mudah untuk dapat mengetahui ikan arwana sudah menemukan pasangan atau yang belum yaitu dengan cara memperhatikan ikan-ikan arwana di dalam akuarium tersebut. Jika ada dua ikan yang berlainan dan sangat sering berenang berdampingan dengan posisi kepala serta ekor yang saling menempel, maka sudah dapat dipastikan bahwa ikan tersebut sudah menemukan pasangannya. Ketika anda melihat ikan arwana seperti itu, anda harus segera memisahkan kedua ikan tersebut ke dalam akuarium khusus agar mereka bisa lekas berkembangbiak.

Akuarium yang diperlukan untuk pengembangbiakan juga harus dirubah sedemikan rupa agar terasa nyaman bagi ikan arwana ayng akan menghuninya. Untuk proses mereka bertelur, ikan arwana tidak memerlukan bantuan tangan manusia. Karena ikan arwana berkelamin jantan seakan – akan dia memakan telur ikan arwana betina setelah mengeluarkan seluruh telur-telurnya. Padahal, ikan berkelamin jantan sebenarnya akan membuahi telur-telur itu hingga keluar menjadi semacam larva. Larva yang akan dikeluarkan oleh arwana jantan umumnya berumur 8 minggu.

Pembesaran Benih

Benih dari ikan arwana yang berukuran kecil yaitu sekitar 1 cm harus diberi makan jenis cacing pita. Setelah benih-benih itu tumbuh membesar sampai mereka berukuran sekitar 12 cm atau lebih, sebaiknya benih-benih itu segera dipisahkan dengan sang induknya. Karena induk induk ikan arwana bisa memakan benih-benih itu ketika mereka sedang lapar.

Bentuk Ikan Arwana yang Baik

Setelah ikan yang kecil itu dipisahkan dari induknya, rawatlah bibit tersebut dengan sebaik baiknya sampai dia mencapai ukuran 25 atau hingga 40 cm. Karena ikan yang suda mempunyai ukuran seperti itu sangat dicari oleh banyak orang yang menjadi pecinta ikan hias. Apalagi jika ikan arwananya mempunyai warna yang sangat bagus dan berkarakter yang agresif. Anda bisa menjemurnya dibawah matahari ketika pagi, untuk mendapatkan warna yang cantik.

Saatnya untuk Panen

Jika ikan arwana memiliki warna yang bagus dan bersifat sangat agresif, maka ikan tersebut sudah siap untuk dipasarkan. Kamu bisa mencari penyalur penyalur besar ikan arwana maupun pedagang di kota besar agar anda tidak perlu repot untuk memasarkan ikan arwana dari hasil budidaya yang kamu lakukan. Selain itu anda juga bisa berpromosi secara mandiri di dunia maya.

BACA JUGA

Strategi Promosi Terbaru

Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

0
0%
like
3
100%
love
0
0%
haha
1
33%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari TNC Digital Media yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top