Karier

Tips Lulus Tes Wawancara Kerja

Tips Lulus Tes Wawancara Kerja

Tips Lulus Tes Wawancara Kerja

Tips Lulus Tes Wawancara Kerja. Jenjang karir adalan masa yang sangat dinantikan oleh semua orang. Terutama orang yang ingin sukses, pasti akan mempersiapkan dirinya untuk menapaki masa ini dengan eprsiapan yang matang dan kemampuan serta bekal pengetahuan yang memadai dengan harapan bisa lekas maju dan berkembang. Nah, kaitannya dengan artikel bahasan kita kali ini, kita akan membahas mengenai masa masa persiapan bekerja yaitu masa dimana kita akan diperhadapkan dengan masalah interview atau tes yang bagi sebagai besar orang menjadi momok mekautkan karena akan sangat menentukan segala langkahnya, baik maju atau mundur. Nah, khusus bagi anda yang baru pertama kali akan interview, sangat penting sekali untuk membaca dan memahami artikel bahasan kita kali ini, agar anda memiliki pengetahuan dan persiapan yang baik agar anda bisa diterima kerja setelah tes interview ini dilakukan. Demikian juga untuk anda yang pernah mengalami kegagalan ketika diperhadapkan dengan tes yang satu ini, anda bisa melakukan evaluasi dan review agar bisa lolos pada percobaan yang selanjutnya.

Sponsore Link Jasa Pembuatan Toko Online

Langsung saja kita masuk ke dalam penjelasannya;

Persiapkan Mental

Mental adalah hal pertama yang harus anda persiapkan dengan baik. Sebab tanpa adanya mental yang baik, akan memicu banyak masalah di langkah langkah berikutnya. Terkadang, ada orang yang selalu gemetar atau gelagapan ketika mereka melakukan tes interview ini, padahal para HRD apda umumnya mencari orang yang tenang dan membaca mental dan memahami kepribadian seseorang terutama calon pekerja, merupakan tugas yang mudah. Jadi anda harus persiapkan mental anda, tekankan ketenangan dalam pikiran anda. Tetapi jika anda sudah biasa tampil dan berbicara di depan umum terutama menjadi pusat perhatian, maka anda tidakan akan mengalami mental ciut.

Gaya Bicara

Sebelum anda datang ke kantor untuk mengikuti tes interview, siapkanlah waktu latihan untuk melatih gaya bicara anda. Ini langkah kedua yang harus dipersiapkan mulai dari rumah dan jika bisa 2 hari sebelum mengikuti tes interview tersebut. Gaya bicara yang baik adalah tidak terbata bata, jelas, intonasi dan penekanan kalimat yang jelas serta didukung oleh gerakan tangan yang menandakan anda orang yang supel. Jadi jika anda terbuasa berbicara asal dan kurang memahami kata kata yagn sopan atau berisfat baku, maka anda perlu persiapan matang untuk langkah kedua ini.

Siapkan Jawaban yang Jelas

Ada juga pertanyaan yang sudah pasti akan ditanyakan, contohnya seperti, mengapa anda memilih untuk bekerja disini, apa visi misi anda, mengapa anda keluar dari kantor lama, apa kelebihan dan kekurangan anda dan yang terakhir, mengapa kami harus memilih anda, itulah pertanyaan yang paling umum. Anda cukup jawab dengan jelas semua pertanyaan itu dan untuk pertanyaan kekurangan dalam diri anda, jangan terlalu jujur atau menyebutkan segala kejelekan anda, tetapi usahakanlah untuk menonjolkan kelebihan dari kekurangan anda. Sebab akan memberikan kesan ketidakopimisan dalam diri dan si HRD juga akan mudah menentukan kelayakan anda. Ini harus dihindari. Walaupun umumnya mereka sarjana psikologi, mereka tidak serta merta dapat mendefinisikan ciri anda.

Disiplin Waktu dan Penampilan

Waktu dan penampilan juga menjadi aspek penilaian. Keterlambatan dan ketidakrapihan adalah salah satu penilaian yang tidak bisa ditoleransi. Sebab jika disaat interview yang penting saja anda terlambat, bagiamana ketika keseharian dalam kerja. Demikian juga penampilan, ini akan membuat anda dinilai tidak menghargai waktu dan penampilan dan sudah pasti akan ditolak.

Cara duduk dan Pandangan

Car duduk dan pandangan adalah hal yang berikutnya. Cara duduk yang benar adalah rileks, tegak namun santai dan jangan menyender ke bagian belakang terlalu rendah, ini akan membuat anda terlihat seperti bos dan sangat buruk dalam penilaian. Intinya disini sikap yang dinilai. Demikian juga dengan kaki dan tangan anda, letakan tangan di samping kursi atau diatas meja sedikit di tepi. Dan ketika adna berkomunikasi kepada HRDnya, maka anda harus menatap wajah dan matanya, bukan tertunduk atau melihat ke sembarang arah lain. Ini mencerminkan etika dan kesopanan.

Jujur

Jawablah pertanyaan dengan jujur, perlu diketahui, bukan perkara susah bagi mereka untuk membaca kebohongan yang mungkin anda sampaikan. Dan memang pertanyaan yang mereka ajukan terkadang menjebak anda berbicara kearah sana, dan jika anda masuk ke tahap dimana anda berbohong, maka mereka akan mencecar anda sehingga sama sama mengetahui hal tersebut dan ini menjadi indikasi ketidaklayakan.

Sadari diri dan disiplin menjawab

Ketika anda menjawab, sadarilah diri anda, berupa latar belakang pendidikan dan hal yang berpengaruh. Ini sangat penting terutama ketika mereka menanyakan berapa gaji yang diinginkan, umumnya orang meminta setinggi mungkin, tetapi lihatlah terlebuh dahulu latar belakang anda berupa pendidikan, pengetahuan dan pengalaman. Jawabalah ya jika anda ingin mengaatakan ya dan tidak jika anda ingin menjawab tidak, bukan sebaliknya.

Dengarkan Pertanyaan dengan baik

Simak dengan teliti setiap pertanyaan dan komunikasi yang disampaikan kepada anda, jangan mudah untuk tidak fokus. Disini adalah penilaian yang bisa mengukurkan seberapa besar daya tanggap dan konsentrasi anda, jika anda melewatkan suatu kalimat pertanyaan saja, maka akan menjadi dampak yang buruk bagi anda. Dan jawablah dengan spesifik atas apa aygn anda tanggapkan.

Jawab Setiap Pertanyaan dengan cermat

Pertanyaan sudah pasti membutuhkan jawaban, dan ketika anda ingin menjawab, cermatilah dahulu pertanyaannya dan jawablah dengan cerdas. Pahamilah, apakah pertanyaan itu mengandung jebakan atau tidak, dan jawablah pertanyaan dengan sesuai.

Bertanya Balik

inilah yang penting dan kadang dilewatkan orang – orang. Jika anda hanya ditanyai tanyai saja, maka sang HRD akan mendapatkan penilaian bahwa anda orang yang begitu pastif, sebab sudah pasti mereka akan mengusahakan anda mendapatkan informasi yang kurang jelas dan anda dipancing untuk bertanya, jika anda tidak bertanya, maka anda akan mendapat penilaian yang kurang baik. Maka tanyalah beberapa informasi yang tidak dijelas, serta tanyalah sesuatu yang ingin anda tanyakan kepada pihak mereka.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari TNC Digital Media yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top