Tips Karier

Terungkap! Penyebab Email Lamaran Pekerjaan Sering Ditolak

Penyebab Email Lamaran Pekerjaan Sering Ditolak

Penyebab email lamaran pekerjaan sering ditolak. Mendapatkan pekerjaan memang tidaklah mudah, kendati sudah banyak sistem komputer yang dapat menginformasikan keberadaan lowongan pekeraan, namun nyatanya mendapatkan pekerjaan tetap menjadi perkara yang sulit. Salah satu alasan atau faktor yang menyebabkannya adalah lamaran dalam bentuk email yang sering tidak ditindaklanjuti atau ditolak dan sejenisnya. Tentunya hal ini dilakukan oleh pihak penerima lamaran pekerjaan atas alasan tersendiri. Pastinya ada kesalahan atau hal yang tidak beres yang dilakukan si pengirim lamaran pekerjaannya. Dan dalam bahasan kali ini, kita akan membahas mengenai Penyebab Email Lamaran Kerja Sering Ditolak. Pastinya kita pernah mengalaminya bukan ? atau anda sedang mengalaminya dan begitu jenuh dan kesal karena lamaran anda terus terusan tidak ditindaklanjuti ? mari kita selidiki penyebabnya melalui point point di bawah ini. pastinya dengan informasi ini anda akan dapat mengirimkan email lamaran pekerjaan dengan baik dan benar sehingga alan ditindaklanjuti oleh pihak HRD atau yang berkewenangan. Langsung saja kita simak bahasannya di bawah ini, inilah Penyebab Email Lamaran Pekerjaan Sering Ditolak ;

Subject Email Yang Tidak Jelas

Penyebab Email Lamaran Pekerjaan Sering Ditolak

sponsor halo jasa

Saya memiliki banyak rekan di perusahaan – perusahaan swasta di Jakarta yang mengurusi kepentingan lamaran pekerjaan. Ketika saya bertanya kepada mereka, bagaimana proses seleksi atau penindaklanjutan atas lamaran pekerjaan yang masuk, mereka menjawab bahwa prosesnya akan dilakukan secepat mungkin. Atas ratusan email atau bahkan ribuan email yang masuk, mereka akan menyeleksi beberapa email lamaran pekerjaan berdasarkan kuantitas yang sudah direncanakan. Mereka melakukannya dengan sangat cepat dan kebanyakan lamaran pekerjaan yang masuk akan segera di delete atau dihapus atau diabaikan. Mereka mereka yang diabaikan adalah email lamaran pekerjaan yang memang Subject Emailnya  Tidak Jelas. Ada banyak sekali email lamaran pekerjaa yang masuk dengan judul yang tidak jelas, seringkali mengunakan judul “lowongan kerja” “cv” atau “lowongan” dan sebagainya. pastinya si penerima email tersebut akan mengabaikan email email seperti ini sebab informasi atua emailnya seperti memberitahukan lowongan pekerjaan kepada penerimanya, bukan lamaran pekerjaan. Contoh format subject email lamaran pekerjaan yang baik adalah seperti ini “Lamaran_Pekerjaan/Nama/Posisi_Yang_Dilamar.” Subject email lamaran pekerjaan seperti ini akan jauh lebih baik dan memang membuat si penerimanya akan mengerti baik tujuan emailnya, posisi yang dilamar dan sebagainya.

Sering Menyingkat Kalimat / Kata

Penyebab Email Lamaran Pekerjaan Sering Ditolak

Sering menyingkat kata kata adalah kesalahan yang kedua. Kesalahan ini sanga tmenunjukan ketidakpedulian atau keacuhan anda serta menunjukan bahwa anda tidak profesional. Bagaimana mungkin anda mengirimkan pesan berupa lamaran pekerjaan kepada suatu perusahan namun anda menyingkat nyingkat, entah kerena masal, hemat space atau alasan lainnya. Jelas jelas ini suatu kesalahan, HRD atau penerima email akan menganggap bahwa anda tidak serius bahkan terkesan seperti SMSan, padahal anda sedang menulis dan mengirimkan surat formal dengan kepentingan. Jadi bukan kata katanya yang disingkat namun penggunaan bahasa dan penyampaian kalimatnya harus lebih sederhana, lengkap namun singkat. Inilah contoh email lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Mengirimkan Email Lamaran Dalam Bentuk File Yang Kurang Familiar

Penyebab Email Lamaran Pekerjaan Sering Ditolak

Teman saya juga mengatakan bahwa dirinya sangat menghindari dan sudah pasti akan mengabaikan email lamaran pekerjaan yang berbetuk atau berekstensi kurang familiar atau kurang formal. Misalnya dalam bentuk rar, zip dan sebagainya. dimana sang penerima harus melakukan ekstraksi untuk membuka dan membaca isi dari email lamaran pekerjaan tersebut. Padahal sang penerima akan menyeleksinya dengan cepat sebab memang ada ribuan email yang masuk yang harus diperiksa dalam waktu yang terbatas. Maka dari itu untuk mempermudah proses sorting yang dilakukan anda harus mengirimkan email dengan bentuk format yang umum contohnya seperti PDF, docx atau bahkan tak salah jika anda menuliskan langsung surat lamaran pekerjaan anda di dalam isi email yang anda kirimkan tersebut. Jadi HRD atau penerima email lamaran pekerjaan dari anda tidak repot repot untuk membuka isi surat lamaran anda, melainkan bisa langsung membacanya di email tersebut.

Dalam Satu Email Terdapat Beberapa File

Penyebab Email Lamaran Pekerjaan Sering Ditolak

Kesalahan ini juga sangat umum dilakukan pelamar pekerjaan yang mengirimkan surat dengan melalui email. Pihak penerima email lamaran pekerjaan yang harus membaca atau mensorting ratusan bahkan ribuan email lamaran pekerjaan, tidak memiliki waktu yang banyak. Anda bisa bayangkan apa yang mereka akan lakukan ketika mereka membuka email lamaran pekerjaan yang masuk dan ternyata di dalam email tersebut mereka menemukan beberapa file attachment. Mereka harus mendownload satu persatu, kemudian mereka harus membukanya satu persatu. Kira kira, apakah mereka bersedia untuk hal seperti ini ? Tentunya tidak. Kebanyakan HRD akan langsung mengabaikan atau menghapus email lamaran pekerjaan yang seperti ini. maka dari itu anda harus memperhatikan efektifitas surat elektromik anda. Misalnya untuk surat lamaran, CV, transkrip nilai dan sertifitkasi lainnya seperti brevet pajak yang di scan atau sejenisnya, anda bisa memasukannya ke dalam satu file contohnya docx. Anda bisa urutkan, misalnya halaman pertama untuk surat lamaran dan posisi yang dilamar, lebar atau halaman kedua untuk CV, lalu transkrip nilai, sertivikasi brevet pajak A&B dan sebagainya.

Inilah Penyebab Email Lamaran Pekerjaan Sering Ditolak, pastinya dengan informasi ini anda kaan lebih mudah mengetahui mana yang dapat dilakukan dan yang harus dihindari ketika mengirimkan atau menulis surat lamaran pekerjaan lewat email. Anda juga bisa mencari pekerjaan di layanan profesional Halo Jasa. Semoga Sukses.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari Halo Komunikasi Sejahtera yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top