Bisnis Offline

Perencanaan Usaha Yang Tepat

Perencanaan Usaha Yang Tepat

Perencanaan Usaha Yang Tepat.

Perencanaan Usaha Yang Tepat. Dalam memulai usaha, pasti ada banyak hal yang mesti kita pahami dan persiapkan. Dan dalam persiapan persiapan ini, kita memiliki banyak kendala yang menghadang salah satunya adalah ketidak mengertian mengenai apa saja yang mesti diperhitungkan sebelum membangun usaha tersebut. Sedangkan, akan sangat sangsi jika kita mengabaikan hal hal seperti ini. nah untuk tiulah kita akan membahas mengenai hal hal apa saja yang kita harus perhatikan sebelum membangun usaha atau menjalankan usaha. Yang jelas, ini tidak mungkin anda lewatkan jika anda ingin sukses menjalankan bisnis tersebut. Sebagai penjelasan awal, hal hal yang kita bahas disini merupakan bagian dari perencanaan usaha

Hal hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha.

  1. Peluang usaha

Untuk yang pertama ini lebih condong kepada ide bisnis. Cara yang terbaik untuk menentukannya adalah dengan melakukan pengamatan dan riset pada lingkungan. Kita bisa melihat dan memikirkan apa saja yang bisa kita jadikan peruntungan. Dalam usaha melihat peluang ini, kita bisa mengaitkan dengan beberapa faktor seperti seberapa besar usaha itu menjamin kesuksesan, seberapa lama itu bisa bertahan dan seberapa luas jangkauan pasar yang bisa kita kuasai. Dan anda juga harus mempertimbangkan dengan potensi atau kemampuan yang anda miliki. Peluang usaha bukan hanya berupa ide ide baru tetapi juga suatu inovasi atau mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru atau lebih bermutu.

  1. Ketersediaan Bahan dan Barang

Jika anda memilih untuk menjalankan bsinis di bidang industry, pasti ana memerlukan bahan baku untuk diolah menjadi barang jadi dan siap jual. Nah ini juga harus diperhatikan, apakah ketersediaan bahan baku yang bisa kita pakai relative banyak atau cenderung langka. Jika barang atau bahan bkua yang kita perlukan sifatnya langka, sudah pasti itu akan sangat mahal dan jika barang yang kita olah itu sudah mahal, maka setelah diolah barang tersebut akan semakin mahal dan mahal dan apakah anda yakin barang semahal itu bisa laku keras dipasaran atau hanay satu dua pelanggan saja ? selain itu ada juga barang barang pendukungnya seperti peralatan pengolahannya. Mungkin mesin yang bisa digunakan juga termasuk langka atau dijual dengan harga selangit. Layak dipertimbangkan bukna ?

  1. Peluang Mencari dan Mendapatkan Pelanggan

Tentu usaha tidak akan pernah berhasil walaupun ditunjang dengan dana yang sangat besar, tanpa kehadiran pelanggan. Itu sebabnya faktor ini juga sangat penting, nada harus memikirkan seberapa laku barang yang anda jual itu di pasaran. Apakah barang yang anda jual tesebut akan banyak dicari orang. Begitu juga dengan jasa, apakah itu banyak dicari orang ? jika anda masih meragukan barang atau produk yang anda jual dan pasarkan itu akan laku, maka anda bisa memikirkan usaha yang lainnya. Anda juga bisa melakukan riset pasar dengan mencari informasi di internet atau langsung meninjau lapangan apakah barang yang anda akan buat dan jual itu termasuk barang yang laku keras atau tidak. Namun, cara ini hanya bisa diterapkan pada produk yang sudah ada, jika ide anda masih baru, maka akan lebih sulit untuk melakukan risetnya. Pasti ada banyak faktor yang harus diperhatikan seperti seberapa besar peluang produk invoasi baru itu bisa mengalahkan barang yang lama. Atau anda juga bisa mencobanya dengan memproduksi sedikit terlebih dahulu, dan lihat apakah akan laku keras, atau sedang atau tidak. Jika sudah masuk dalam kategori sedang, itu berarti barang itu berpotensi menguasai pasar, dan anda bisa membuat atau mempoduksi lebih banyak lagi.

  1. Modal

Tentunya tanpa modal, usaha tidak akan bisa berjalan. Makanya akan sanagt penting untuk membuat perencanaan keuangan diawal awal. Perhitungkanlah apakah modal yang dimiliki itu cukup untuk menjalankan usaha tersebut atau kurang. Jika kurang anda bisa mencarinya dengan mengajak pihak eksternal terlibat, seperti sponsor atau juga pihak lain yang bisa menjadi donator anda menjalankan usaha tersebut. Tetapi tetap anda harus memperhatikan apakah ide bisnis anda layak dijalankan atau tidak serta seberapa besar keuntungan mereka yang menanamkan modal di anda. Dengan adanya ide bisnis yang cemerlang dan juga keterjaminan keuntungan atas setiap pemilik modal, maka kita tidak akan kesulitan mencari modal. Atau bank juga bisa menjadi rujukan terakhir bagi kita, jika pemikiran kita untuk mendapatkan modal sudah buntu.

  1. Faktor Eksternal

Ini juga layak diperhitungkan. Tentunya ada undang undang yang berlaku di negara ini dan anda berkewajiban memenuhi peraturan pemerintah, dan jika tidak menjalankannya, maka usaha anda bisa ditutup dan sebagainnya. Oleh karena itu kita penting untuk memperhatikan pihak eksternal seperti pemerintah, konsultan pajak, notaries dan masyarakat sekitar tempat usaha anda yang mungkin akan terganggu dengan kehadiran usaha anda di wilayah mereka.

  1. Lokasi

Lokasi juga sangat penting, karena akan membuat usaha anda mudah atau juga sulit. Carilah lokasi yang sesuai atau dekat dengan sumber bahan baku yang hendak diolah dan dekat dengan pasar untuk memasarkan produknya. Selain itu perhatikan juga akses ke lokasi tersebut, tentunya anda memiliki pegawai yang membantu anda, jangan sampai mereka terlambat setiap hari dengan alasan akses yang sulit. Selain itu akses yang sulit akan membuat distribusi barang akan terganggu atau akan membuat toko sepi jika kita memasarkannya ditempat tersebut.

BACA JUGA

Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Pentingnya E-Commerce bagi Pebisnis

0
0%
like
1
20%
love
0
0%
haha
2
40%
wow
1
20%
sad
1
20%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari Halo Komunikasi Sejahtera yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top