Bisnis Offline

Peranan Tenaga Ahli Dalam Suatu Badan Usaha

Peranan Tenaga Ahli

Peranan Tenaga Ahli

Peranan Tenaga Ahli Badan usaha atau perusahaan memiliki banyak sekali komponen di dalamnya yang terlibat langsung dalam pergerakan usaha. Komponen komponen ini terdiri dari banyak hal, contohnya seperti sumberdaya manusia, sumberdaya alam, sumberdaya teknologi dan sumber daya informasi. Salah satu komponen dari sumber daya manusia adalah tenaga kerja atau pegawai. Pegawai adalah orang  orang yang terlibat langsung dalam kegiatan usaha dalam suatu perusahaan berdasarkan keahlian dan bidangnya masing masing. Tenaga kerja dibedakaan menjadi beberapa golongan, mulai dari amatiran hingga profesional atau tenaga ahli. Nah kaitannya dengan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai tenaga ahli ini, mengnai peranannya di dalam lingkungan kerja atau perusahaan. Jika perusahaan memiliki banyak tenaga ahli, sudha pasti perusahaan tersebut sangat berpeluang untuk sukses dan maju, asalkan diberdayakan dengan baik dan di menejemen dengan optimal. Jadi selain mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya, dia bisa melakukan beberapa tugas lainnya yang sifatnya sangat penting bagi perusahaan tempa dimana dia bekerja

Sponsore Link Jasa Pembuatan Toko Online

Tenaga Yang dapat Mengajarkan

Tenaga ahli sudah pasti memiliki pengetahuan, pengalaman yang banyak bahkan lebih banyak dari pekerja tingkatan di bawahnya. Nah, hal ini bisa diberdayakan dengan menjadikannya sebagai pihak yang bisa mengajarkan. Dia bisa mengarahkan dan memberikan pengetahuan seputar bagian atau departemen yang dikerjakannya. Hal ini sangat penting terutama untuk bisnis dalam sektor digital. Umumnya pegawai yang masih biasa biasa saja atau pegawai yang baru, akan menemui banyak kendala dan kesulitan yang membuatnya terhambat dan mengganggu proses kinerja yang dia lakukan. Nah ini bisa dengan mudah diatasi jika melibatkan pihak tenaga ahli. Perusahaan yang tidak memiliki tenaga ahli, secara tidak langsung akan memaksakan keadaan seperti ini diselesaikan oleh pegawainya dan sudah pasti akan menghambat banyak hal. Lain ceritanya ketika ada tenaga ahli yang mampu mengarahkan bagaimana mengerjakan tugasnya dengan lebih baik dan cara yang simpel dan mudah. Sera mengatasi permasalahan atau kendala yang mungkin ditemui atau timbul. Inilah peranan pertama tenaga ahli.

Pengawas

Setelah dia mengajarkan pengetahuan aau memberikan arahan kepada pegawai yang tingkatannya masih di bawahnya maka dia bisa ditugaskan untuk mengawasi langkah kerja atau konsep kerja yang ada di bagiannya, sebab pasti ada banyak pegawai di perusahaannya yang tingkatnya di bawahnya dan tidak mungkin suatu perusahaan hanya mempekerjakan tenaga ahli seluruhnya. Jadi, pihak manajemen tidak perlu repot untuk mengurusi hal semacam ini, sebab pasti ada yang lebih penting lagi dari hal semacam ini. kita cukup berhubungan dengan si tenaga ahli saja, minta kesannya dan pendapatnya, tanpa perlu mengawasi satu persatu setiap pegawai yang ada. Sebab memang lebih efektif demikian dan si manajemen bisa banyak mengerjakan tugas lainnya. Dan jika si tenaga ahli menemukan suatu konsep atau cara yang salah, maka dia bisa mengarahkan langsung dan memberikan pengetahuan sehingga yang salah tadi bisa lekas diperbaiki, bukan berlarut larut menunggu penilaian dari manajemen.

Pihak Perbaikan

Hal yang satu ini menyangkut analisis. Sebagai tenaga ahli, tentu mereka tahu mana yang harus dilakukan dan yang tidak perlu dilakukan, mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Dan jika mereka menganalisis mana yang terbaik, maka ofektifitas kinerja bagiannya bisa lebih baik lagi,m tanpa harus menunggu gerak dari menejemen mengambil keputusan atau melakukan evaluasi sebab pasti akan memakan waktu yang lama. Dan pengetahuan serta pengalaman sudah pasti lebih banyak dampak positif dan manfaatnya. Selain itu sudah pasti akan lebih akurat. Jadi sektor sektor yang masih mengalami ketimpangan atau banyak kendala dan hambatannya bisa lekas diperbaiki dan bisa lebih terarah ke relyang benar.

Pemberi Masukan

Analisis yang dilakukan si tenaga ahli juga berperan sebagai masukan bagi pihak manajeman atau atasan. Disamping perbaikan yang bisa dilakukan, analisis ini lebih mengarah untuk masukan masukan yang sifatnya membangun. Dia bisa mengenali gejala gejala kemajuan atau kemunduran, cara kerja dan konsep yang tepat dan apa saja yang harus dilakukan untuk menignkatkan produktifitas atau kualitas kinerja di bagiannya. Dia akan memberikan masukan pada manajemen yang bisa disaring atua dievaluasi sebagai bhan untuk penignkatan atau perbaikan. Dengan demikian, pihak manajemen bisa merancangkan suatu konsep yang baik untuk menuju produktifitas pada keseluruhan lingkungan kerja. Ide atau konsep yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan, bisa lahir dan timbul dari pendapat si tenaga ahli ini..

Perlu anda ketahui dan ingat, ada faktor penting yang dimiliki si tenaga ahli yang bisa menempatkannya pada posisi dimana dia sangat diperhitungkan dan memiliki pengaruh yang besar. Faktor tersebut adalah pengalaman dan pengetahuan. Tentu sepanjang karirnya dia sudah banyak mempelajari hal hal yang berhubungan dengan kemampuannya dan mengaplikasikan atau menjalankannya langsung dalam masa karirnya itu dan dia memiliki pengetahuan khusus atas pengalaman ini mengenai mana yang menghasilkan suatu kemajuan dan kemunduran. Demikianlah kita bisa memberdayakan tenaga ahli dalam lingkungan kerja atau perusahaan kita. Karena percuma jika mereka membebani kita dengan gaji yang lebih besar atau besar jika apa yagn dia kerjakan hampir serupa dengan pekerja di bidang yang sama dengan tingkatan di bawah dia.

0
0%
like
2
40%
love
1
20%
haha
1
20%
wow
0
0%
sad
1
20%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari TNC Digital Media yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top