Industri

Penyebab Menurunnya Produktifitas Pegawai Di Perusahaan

Penyebab Menurunnya Produktifitas Pegawai Di Perusahaan

Penyebab menurunnya produktifitas pegawai di perusahaan. Dalam aktivitas industri atau perusahaan jasa, pasti memiliki banyak sekali pegawai yang diandalkan dalam lingkup itu. Pastinya setiap kantor atau perusahaan menginginkan agar para pegawainya selalu bekerja dengan tingkatan produktifitas yang maksimal bahkan naik dan terus naik setiap waktunya. Hal ini menjadi kewajaran terutama dalam lingkup perusahaan yang memang maju dan berkembang yang pastinya menghadirkan kompleksifitas proses dalam kegiatan usaha sehari hari. Namun alih alih memiliki pekerja yang kinerjanya terus konsisten maksimal dan naik, kebanyakan yang terjadi justru sebaliknya. Ada begitu banyak perusahaan yang menginginkan kinerja pegawainya terus menerus konsisten, tetapi justru malah turun bahkan mencapai tingkatan yang dapat dikatakan ekstrim. Pastinya hal seperti ini menghadirkan masalah yang serius bagi perusahaan tersebut. Nah dalam bahasan kali ini kita akan membahas seputar Penyebab Menurunnya Produktifitas Pegawai Di Perusahaan, dengan menyadari dan mengetahui pengebabnya tentu kita bisa jadikan sebagai pertimbangan langkah untuk mengatasi permasalahan seperti ini. Sekarang langsung saja kita masuk ke dalam inti bahasan kali ini ;

sponsore bikin website murah

Konflik Dalam Lingkup Kerja

Penyebab Menurunnya Produktifitas Pegawai Di Perusahaan

Salah satu penyebab yang paling sering menurunkan produktifitas pegawai pegawai adalah adanya konflik dalam suatu lingkup kerja. Memang hal ini tidak dapat dihindari dan kasusnya tidak sering terjadi, tetapi hal seperti ini sangat memicu dan memiliki pegnaruh besar pada produktifitas pegawai dalam lingkup kerja tersebut, terlebih lagi untuk pegawai pegawai yang memang dalam aktivitas bekerjanya secara tim atau kelompok, akan ada perasaan enggan untuk bekerja berasama dengan pihak atau rekan kerja yang memiliki konflik dalam lingkup kerja itu. Terkadang hal seperti ini tidak diketahui banyak orang dan menimbulkan banyak sekali hal hal tidak terduga pada pemikiran atasan atau pegawai pegawai lainnya yang ada dalam lingkup kerja itu, tetapi tetap saja menimbulkan dampak yang sangat kentara dalam sisi produktifitas.

Tidak Ada Semangat Bekerja

Penyebab Menurunnya Produktifitas Pegawai Di Perusahaan

Pegawai memiliki tingkat kejenuhan yang tinggi, apalagi jika pekerjaan yang dilakukannya memang itu itu saja, membosankan atau sangat kompleks. Demikian juga dengan hasil yang diperolehnya yang tidak sesuai atau tidak dirasa sebanding, ini memicu kerawanan dalam sisi semangat kerjanya. Sudah pasti jika ada pegawai yang merasa jenuh dalam aktivitas kerja yang dia lakukan, dia akan bekerja secara tidak maksimal, malahan cenderung lambat, asal asalan dan sangat kurang dari apa yang diharapkan perusahaan tempat ia bekerja. Hal ini juga sering disebabkan akibat perusahaan yang kurang peduli dengan sisi psikologi pegawainya, setiap hari hanya dituntut untuk bekerja bekerja dan bekerja tanpa adanya sesi motivasi, pengembangan atau aktivitas lainnya yang memang menyenangkan dan dapat menaikan mood para pegawainya. Hal seperti ini memang terlihat sepele, namun memiliki dampak negatif yang sangat serius dalam sisi produktifitas kinerja mereka.

Pegawai Merasa Kurang Dihargai

Nah, ini adalah hal yang paling berbahaya. Ketika pegawai sudah merasa kurang dihargai, baik oleh atasan maupun oleh rekan rekan kerja di sekelilingnya, maka dia tidak akan memiliki semangat dan gairah bekerja lagi. Dia akan cenderung bekerja sekenanya saja, sebab dalam benak mereka, “untuk apa saya mendedikasikan tenaga, waktu dan pikiran saya begitu banyak untuk melakukan pekerjaan yang tidak dihargai ?” padahal mereka sudah berperan dalam lingkup kerja tersebut. Ini menjadi permasalahan yang serius dan pada umumnya kurang diperhatikan banyak perusahaan. Disamping menuntut kinerja yang sesuai harapan, perusahaan juga memiliki kewajiban untuk memperhatikan dan menghargai setiap pegawainya yang merupakan aset paling berharga yang mereka miliki. Wujud nyata dari penghargaan atas jasa para pegawai bisa melalui materi, baik bonus, kenaikan gaji, promosi atau insentif lainnya yang memang menyenangkan bagi si pegawainya. Sisi psikologi pegawai adalah hal yang sensitif, mungkin anda berpikir, bukankah pegawai yang baik memiliki mental yang tangguh dan bukan cengeng, tetapi sadarlah saudara, disini bukan perkara mental atau cengeng, hal ini mengacu pada bagaimana pandangan perusahaan atau lingkup kantor itu memandang setiap pegawai yang ada didalamnya. Jika memang bisa menciptakan situasi yang baik dengan menghargai setiap pegawainya, mengapa harus menuntutkan ketegaran mental para pegawainya.

Tekanan Pekerjaan Yang Terus Menerus Meningkat

Khusus bagi perusahaan perusahaan yang memang maju dan berkembang, masalah seperti ini juga sering memicu penurunan kinerja para pegawainya. Pada umumnya perusahaan hanya akan tertuju pada penignkatan order dan pemasukannya saja, padahal disamping kemajuan itu, perusahaan juga harus memperhatikan aspek kompleksitas produksi atau pelayanan yang akan diberikan. Pastinya seiring peningkatan order dari konsumen, aktivitas produksi atau pelayananya juga akan meningkat dan otomatis menaikan peningkatan aktivitas aktivitas kerja lainnya. Disini perusahaan membutuhkan penambaha tenaga kerja baru untuk mengimbangi peningkatan peningkatan aktivitas kerja itu dan bukan hanya memperhatikan pemasukan yang terus meningkat saja. Tentunya jika perusahaan melalaikan hal ini, para pegawai yang sudah ada akan semakin merasa pekerjaannya bertambah tambah berat dan akan menimbulkan stres. Jika sudah demikian, produktifitas sudah pasti akan menurun drastis, bukan naik dan terus konsisten.

Faktor Kesehatan

Terkadang penurunan poduktifitas pegawai juga disebabkan karena faktor kesehatan dari sipegawainya sendiri. Terutama untuk pegawai pegawai di pabrik yang memang lingkungan kerjanya tidak sehat atau mengancam kesehatan si pegawainya, membuat kesehatan pegawainya menjadi rentan dan ini akan menimbulkan permasalahan dalam sisi produktifitas si pegawai itu sendiri. Jadi sudah sepatutnya perusahaan memperhatikan aspek yang satu ini dan mengambl langkah yang terbaik.

Inilah Penyebab Menurunnya Produktifitas Pegawai Di Perusahaan yang paling sering timbul. Semoga anda atau perusahaan dapat menyadarinya dan segera mengambil langkah yang terbaik sesuai dengan keadaannya. Semoga sukses

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari Halo Komunikasi Sejahtera yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top