Bisnis Offline

Karakteristik Seorang Wirausaha

Karakteristik Seorang Wirausaha

Karakteristik Seorang Wirausaha.

Karakteristik Seorang Wirausaha. Saat ini, pertumbuhan ekonomi di Indonesia sudah mulai naik. Ada banyak sekali orang yang sudah hidup dalam kelayakan dan bahkan sudah lebih dari cukup. Diantara mereka, banyak juga yang berkeinginan atau memiliki ide untuk membuka usaha sendiri untuk menjamin masa depan yang lebih baik lagi. Namun, yang menjadi permasalahan adalah kurangnya perngetahuan mereka terhadap jiwa kewirausahaan yang harus mereka miliki. Nah, jika anda menjadi salah satu dari mereka, amaka anda bisa membaca artikel berikut ini, disini kami akan mencoba menjelaskan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan.

  1. Disiplin

Disiplin adalah kunci kesuksesan, makanya, jika anda ingin sukses berwirausaha maka disiplin sudah menjadi harga mati bagi anda. Disiplin sendiri adalah sikap yang selalu berusaha untuk menaati sebala aturan yang ada. Disiplin juga memiliki peranan yang sangat penting dalam keteraturan. Dengan adanya keteraturan, kita akan termotivasi untuk semakin bersungguh sungguh dalam menjalankan usaha kita. Jadi kita tidak akan pernah toleran kepada hal hal yang ada diluar aturan yang kita buat yang sudah pasti akan sangat berdampak bagi diri kita. Jadi, kedisiplinan adalah kunci pertama yang harus ditanamkan dalam diri kita. Tanpa adanya kedisiplinan hari hari yang berjalan akan berada diluar keteraturan dan ini sangat tidak baik.

  1. Komitmen tinggi

Karakter yang memegang teguh terhadap prinsip-prinsip kebenaran yang berlaku saat itu, tidak pernah sekalipun mau mengingkarinya walaupun hal itu menyangkut dirinya sendiri, serta selalu berusaha untuk menyesuaikan setiap kata dengan perbuatan. Dengan adanya komitmen, kita akan mendapatkan motivasi dalam diri, untuk tetap maju dan berdiri teguh walaupun banyak sekali masalah yang menghadang. Hal ini juga sangat penting bagi seorang wirausaha karena dalam menjalankan usaha tidak akan pernah lepas dari yang namanya permasalahan.

  1. Jujur

Kejujuran dalam berwirausaha juga sangat penting, ini juga merupakan harga mati bagi semua orang, bukan hanya untuk wirausahawan tapi juga untuk semua orang. Dengan adanya sikap kejujuran, kita akan mudah diterima dimana saja dan dengan siapapun itu. Dengan adanya kejujuran, kita akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Ini juga berlaku ketika mendirikan sebuah usaha, kita tidak akan berhasil jika kita berusaha dengan segala tipu muslihat. Apaun kasus yang ada, kita  harus berlaku jujur.

  1. Kreatif dan Inovatif

Menurut penuturan dari Theodore Levitt, kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk dapat berpikir yang baru serta berbeda dari yang sudah ada. Kreativitas ialah berpikir mengenai sesuatu yang baru (thinking new thing) yang belum pernah ada, dengan adanya sikap yang seperti ini, wirausahawan akan mudah dalam menyongsong kesuksesannya. Dengan adanya perbedaan atau tampil beda dari orang lain, otomatis usaha yang didirikan akan mendapatkan perhatian lebih, mengapa demikian ? karena hal itu tidak pernah ada sebelumnya. Ibarat sebuah penemuan baru yang menakjubkan, pasti akan disanjung dan langsung menjadi trend perbincangan orang banyak. Kreativitas dan inovatif, bukan hanya berusaha untuk menciptakan hal yang baru saja atau hal yang tampil beda saja, tetapi juga dapat dilakukan dengan berusaha memanfaatkan atau mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada sebelumnya, menjadi sesuatu yang baru. Dan hal hal yang baru ini adalah senjata yang ampuh bagi setiap wirausahawan untuk dapat meraih kesuksesannya. Contohnya, ponsel, anda bisa membayangkan sendiri bagaimana perkembangannya. Anda bisa lihat sudah berapa brand yang melakukan inovasi dan terobosan yang mengagumkan, contohnya perusahaan milik steve jobs. Sebagaimana kita sudah ketahu sebelumnya, ponsel adalah alat untuk komunikasi, jaman dulu kita hanya bisa gunakan itu untuk telepon dan sms, sekarang ada banyak gitur yang menarik di dalamnya. Jadi, Steve Jobs mengubah fungsi dari ponsel itu dengan menambahkan berbagai fitur fitur baru dan mengubah tampilan serta desainnya. Inilah inovasi yang mereka lakukan.

  1. Mandiri serta berfikir realistis

Sikap mandiri disini ialah, tidak menggantungkan keputusan yang harus dilakukan kepada orang atau pihak lain, sesuatu yang dikerjakan memang karena kemampuan yang dimiliki sendiri serta tidak pernah merasa maju karena tangan orang lain, tetapi maju karena kerja keras dari dirinya sendiri.

Sedangkan realistis adalah berfikir secara logis dan masuk diakal. Pemikiran yang mengandung target target tertentu yang bisa dicapai atau mungkin dicapai. Sikap seperti ini juga sangat diperlukan, karena saat ini ada banyak wirausahawan yang menetapkan target target usahanya diluar jangkauan kemampuan dan peluang yang dia miliki. Jadi hari hari dilewati dengan mengejar apa yang tidak akan pernah bisa diraih, tentunya itu akan sia sia bukan ? makanya, target yang realistis harus kita perhatikan. Memang kita harus menggantungkan cita cita setinggi bintang bintang di langit. Tapi kita juga harus sadar dan tahu diri, apakah hal itu mungkin diraih atau tidak, karena jika kita tetap mengerjar hal yang tidak realistis, kita akan rugi sendiri. Memang hari – hari akan dilewati dengan kerjakeras dan motivasi karena obsesi itu, tetapi disaat kita sudah mulai merasa kecewa, kita akan merasa frustrasi sendiri.

BACA JUGA

Lahan Investasi Menguntungkan dan Cerdas

Tips Mendirikan Usaha yang Mampu Bersaing

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari Halo Komunikasi Sejahtera yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top