Karier

Hindari Kesalahan Ini Saat Interview Kerja

Hindari Kesalahan Ini Saat Interiview Kerja

Hindari kesalahan ini saat interview kerja. Seringkali tes interview atau tes wawancara saat mencari pekerjaan menjadi momok menakutkan bagi setiap mereka yang menjalaninya. Demikian juga tes wawancara ini yang paling sering membuat orang jatuh dan gagal mendapatkan pekerjaan karena memang menjadi hal yang menentukan dalam proses penerimaan tenaga kerja baru bagi setiap perusahaan atau kantor kantor. Padahal jika anda mampu mengendalikan diri dan mengetahui trik trik serta mampu menghindari kesalahan kesalahan dalam interview kerja anda akan mudah melewatinya bahkan menjadikan tes interview kerja ini sebagai senjata anda untuk mudah mendapatkan pekerjaan. Dan dalam bahasan kita kali ini, kita akan membahas kesalahan kesalahan yang perlu anda hindari saat interview kerja, dan hal ini berdasarkan pengalaman saya pribadi serta beberapa rekan saya yang sama sama berhasil melewati tes yang satu ini dan menjadikannya sebagai sarana yang memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Langsung saja kita masuk ke dalam ini bahasannya Hindari Kesalahan Ini Saat Interiview Kerja ;

sponsore jasa design website

Berbohong

Hindari Kesalahan Ini Saat Interiview Kerja

Kesalahan pertama dan memiliki persentase dampak kegagalan paling besar adalah kebohongan. Sering kali seseorang menjawab pertanyaan si pewawancara kerja dengan jawaban yang sebenarnya omong kosong alias bohong untuk memikat hati atau membut si HRD atau pewawancaranya terkesan. Sebab dipikirnya dia akan diterima sebab si pewawancara terkesan dengan jawaban yang diutarakan. Padahal HRD adalah seseorang yang sudah dibekali dengan pengetahuan serta ilmu psikologi seseorang dan mereka bisa menggali, menyelidiki kebenaran atas jawaban atau informasi yang diberikan sehingga mereka bisa dengan udah mengetahui, apakah jawaban itu benar atau cuman bohongan saja.

Menjawab Secara Tidak Logis Dan Terdengar Aneh

Tidak bisa diungkiri, perkara jawaban dalam wawancara kerja memang sangat sensitif, bahkan saking sensitifnya, jawaban jawaban yang sifatnya aneh atau tidak logis akan membuat anda akan gagal tes wawancara lebih cepat. Sebab dari jawabanlah umumnya akan diketahui, seberapa baik pengetahuan dan kemampuan anda. Jawaban yang aneh dan tidak logis adalah jawaban yang memang sifatnya keluar secara spontan tanpa dipikirkan lebih dahulu, ini sangat merusak. Contohnya seperti pertanyaan ini, mengapa anda keluar dari pekerjaan lama yang anda miliki sebelumnya ? pada umumnya orang orang akan menjawab, sebab ingin mendapatkan pengetahuan lainnya atau menambah wawasan dan pengalaman. Padahal jika dipikir pikir, jawaban seperti ini memiliki kesan anda mudah bosan, akan langsung keluar jika sudah memiiki pengetahuan dan pengalaman serta akan segera keluar dari perusahaan itu jika anda lekas diterima, sebab sebagaimana yang diketahui dari jawabannya, mencari wawasan dan pengalaman baru.

Tidak Bersemangat

Hindari Kesalahan Ini Saat Interiview Kerja

Aura semangat akan memancar dan tidak bisa disetting atau dimanipulasi, jadi akan terlihat langsung oleh para HRD yang mewawancarai, yang pada umumnya memiliki ilmu kejiwaan atau psikologi. Nah, ketika anda mengikuti wawancara kerja tetapi tidak memiliki sisi semangat dalam diri anda, maka anda akan memberikan kesan kepada mereka anda tidak merasa antusias untuk pekerjaan atau lwoongan itu. Sehingga mereka akan megnartikan secara umum sebagai suatu ketidak seriusan dan ini menjadi perusak tes wawancara anda. Hal seperti ini biasanya kurang disadari orang, sebab memang kebanyakan peserta wawancara tidak mengatahui bahwa hal sekecil ini saja memiliki dampak yang besar.

Kurang Mampu Menaklukan Si Pewawancara

Menaklukan disini maksudnya adalah membuat si pewawancara terkesan dan tertarik dengan diri anda untuk bekerja di perusahaan itu. Megnapa ini penting ? sebab inilah yang akan memberdakan anda dari peserta wawancara lainnya yang sama sama mencari pekerjaan dengan anda di peusahaan tersebut. Jika anda tidak memiliki perbedaan dengan mereka karena tidak berusaha atau kurang mampu menarik perhatian si pewawancara, maka logisnya sederhana, mengapa mereka harus memilih anda, padahal anda tidak berbeda dengan peserta wawancara yang lainnya.

Gestur Tubuh Yang Salah

Gestur tubuh mengindikasikan atau menandakan kondisi kejiwaan dalam diri anda, mereka, para HRD yang mewawancara anda akan mudah membaca hal semacam ini dari gestur tubuh anda. Contoh kasusnya seperti ini, anda sedang diwawancara dan diajuka beberapa pertanyaan dan anda menjawab pertanyaan pertanyaan itu tetapi anda memandan sisi lain selain mata atau wajah dari si pewawancara yang notabennya adalah sipenanya. Demikian juga sikap duduk anda yang terkesan terlalu santai, menandakan anda terlalu santai, pemalas dan sebagainya. Ini tentu tidak baik dan harus anda hindari.

Terlalu Membiarkan Pribadi Digali Si Pewawancara

Adakalanya anda harus mampu menjawab dengan baik tanpa harus membuka setiap hal yang ada dalam diri anda untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Ini akan mengndikasikan anda terlalu polos dan kurang memahami situasi. Contohnya pertanyaan seperti, apa kelebihan dan kekurangan anda. Kemudian anda menjawab kelebihan dan kekurangan anda secara detail, masalahnya, apakah mereka akan percaya atau yakin bahwa anda memiliki kelebihan kelebihan sebagaimana yang anda sebutkan. Dan apakah mereka akan jadi menerima anda sebagai pegawai jika anda membeberkan setiap kekurangan anda yang tentunya akan dibenci setiap perusahaan ? ingatlah perusahaan atau kantor yang akan mempekerjakan anda, akan menunut anda selalu kerjakeras, konsisten dan bekerja bekerja serta bekerja, kalau bisa tanpa henti. Lalu papa jadinya jika anda tampil dengan banyak kekurangan ? jadi hindarilah diri anda terlalu digali saat wawancara.

Kurang Persiapan Dengan Pengetahuan Seputar Bidang Pekerjaannya

Mungkin ini tida terlalu berefek, sebab umumnya pengetahuan seputar pekerjaan itu akan didapatkan ketika mulai melaksanakan pekerjaannya. Tetapi tampil di wawancara kerja tanpa persiapan dengan pengetahuan seputar bidang pekerjaan itu, maka anda akan terlihat bodoh dan kebingungan sendiri. Ini sangat tidak baik, maka dari itu persiapkanlah diri anda untuk memiliki pengetahuan seputar bidang pekerjaan itu. Contohnya anda melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, anda harus mengetahui, apa tujuan asuransi, apa manfaatnya bagi kehidupan manusia dan mengapa harus ikut dalam asuransi itu. Jika ada pertanyaan seperti itu dan anda mampu menjawab dengan baik, maka anda akan dinilai bagus dan akan mudah memahami serta melaksanakan setiap detail pekerjaan yang akan diberikan.

Inilah beberapa kesalahan umum ketika wawancara yang harus anda hindari. Pahamilah satu persatu dan lihatlah, masih adakah kekurangan ini dalam diri anda, jika sudah tidak ada maka anda siap lolos tes wawancara. Semoga sukses.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari TNC Digital Media yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top