Industri

Cara Menyeleksi Sales Yang Kompeten

Cara Menyeleksi Sales Yang Kompeten

Cara Menyeleksi Sales Yang Kompeten. Dalam lingkup bisnis, pasti yang paling utama diperhatikan adalah aspek penjualan. Sebab walupun produksi atau kualitas dari produknya kurang baik atua bagus, tetapi jika penjualannya tetap tinggi dan terus naik, maka perusahaan itu akan terus maju dan berkembang. Sebaliknya, jika perusahaan memiliki produksi dan produk dengan kualitas yang baik tetapi tidak ada satupun produk yang dijual, maka perusahaan itu tidak akan bisa survive atau bertahan dan akan mengalami kejatuhan cepat atau lambat. Nah, dalam bidang ini ada satu tenaga yang paling disoroti diluar konteks kerjasama dengan perusahaan atau pihak lain, mereka adalah tenaga marketing. Atas sedikit gamabran yang dijelaskan diatas, kita tentu dapat menyimpulkan bahwa tenaga merketing ini menjadi salah satu unsur dalam lingkup perusahaan yang paling penting, sebab merkalah ujung tombak perusahaan dalam bidan pemasaran atau penjulan produk. Nah, tentunya mencari atau menyeleksi guna memperkerjakan tenaga marketing ini tidak bisa dilakukan dengan asal atau tanpa aturan dan prosedur, sebab mereka adalah salah satu aspek penting dalam lingkup usaha. Sudah pasti perusahaan akan membutuhkan tenaga marketing atau sales yang memiliki kompetensi yang tinggi, sehingga dalam masa kerja dia, memiliki produktivitas dan mampu menghasilkan penjualan dengan angka yang tinggi.

Sponsore web design jakarta

Nah, dalam bahasan kita kali ini, kita akan membahas mengenai cara menyeleksi sales yang kompeten. Cara ini bisa anda terapkan ketika anda ingin mencari untuk mempekerjakan tenaga marketing atau sales dalam lingkup kantor atau perusahaan anda. Inilah aspek yang harus anda perhatikan dan lakukan untuk memilih tenaga marketing atau sales yang memiliki kompetensi yang tinggi yang mampu menghasilkan banyak penjualan atau produktivitasnya tinggi. Langusng saja simak dibawah ini;

Minta Dia Perkenalkan DIri Secara Singkat Namun Lengkap

Dari sisi piskologi manusia, diketahui bahwa ada banyak kepribadian manusia dan cara menggali dan mengenalinya adalah dengan cara yang satu ini. mintalah calon sales yang akan anda pekerjakan untuk memperkenalkan dirinya secara singkat namun lengkap. Dari sana anda akan melihat, apakah mereka gugup dan ragu atau berbicara secara baik dan jelas. Jika nampak sesuatu yang ditutupi, mereka memiliki kepribadian yang sedikit atau mutlak tertutup dan jenis ini tidak cocok untuk bekerja di lapangan seperti itu.

Tanyakan Pertanyaan Yang membutuhkan Jawaban Kompleks

Pertanyaan yang kompleks jawabannya, akan membuat dia berbicara banyak dengan alur dan arah yang tepat. Dari sini kita akan membaca seberapa dalam dia bisa berkomunikasi dengan baik dan seberapa lancar dia berkata kata. Jika ia mampu menjelaskan dengan sangat baik jawaban atas pertanyaan anda, tanpa canggung atau gugup, tanpa terlihat terlalu memikirkan sesuatu dan menggunakan kosa kata yang baik dan luas, maka ini menandakan dirinya siap berbicara dengan banyak orang dan memiliki tingkat kompetensi yang tinggi.

Penjelasan Pengalaman

Ada yang mengatakan bahwa pegnalaman adalah guru yang paling baik. Nah, anda bisa menerapkan cara ini untuk melihat kompetensinya. Anda bisa tanyakan seputar pengalaman yang dia miliki s=baik sebagai pelajar atau pekerja secara singkat, jika ia mampu menyebutkannya dengan baik, dan memiliki pegnalaman yang baik juga, maka ia cocok untuk dikatakan kompeten. Sebab pengalaman itu yang akan membuatnya semakin baik dalam bekerja. Nah, anda harus memastikan juga apakah jawaban yang diberikan itu benar atau bohong, anda bisa tanyakan dan cecar terus mengenai jawabannya. Ini memastikan apakah keterangan yang diberikannya benar atau tidak.

Kesiapan Bekerja, Motivasi Dan Obesesinya

Tiga hal  ini membutuhkan jawaban yang kompleks dan akan mengukur secara jelas seberapa hebat dirinya, seberapa baik mentalitasnya dan seberapa jauh cara ia memandang semua hal yang ada dalam hidupnya. Anda bisa menilainya sendiri, apakah pertanyaan ini akan membingungkannya dan memang ini akan membingungkan tetapi anda akan melihat reaksi darinya. Lihatlah, apakah pertanyaan ini akan meruntuhkan keteguhannya apa dia makin berkata kata dengan baik dan membuat anda terkesan. Pertanyaan yang menyangkut psikologi ini sangat sulit dimanipulasi atau disamarkan, jadi menjadi senjata yang paling baik bagi anda.

Tanyakan Apa Yang Akan Dia Lakukan Ketika Memulainya

Hal ini juga akan membingungkan, jawaban yang akan anda terima juga akan beragam. Tetapi yagn paling tepat adalah dia harus mulai mempelajari produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada calon konsumen dan mempelajari segmentasi pasarnya. Jika ia menjawab dengan demikian, maka ini menjadi indikasi dia sangat berkompeten dan tahu apa yang harus dilakukan olehnya. Sebaliknya, jawaban yang ngelantur dan jauh dari hal seperti ini, menjadi indikasi adanya kebingungan dan ketidak profesionalan calon tenaga marketing yang sedang duduk bersama anda.

Minta Dia Menjelaskan Suatu Produk

Ini adalah langkah akhir yang harus diterapkan. Mintalah dirinya untuk menjelaskan suatu produk yang dia ketahui, apapun itu. Adna bisa menilai seberapa jelas dia menjelaskannya, seberapa baik kosakatanya, seberapa siap dirinya dan seberapa lengkap dia menjelaskan produk atau jasa yang dia ketahui itu. Tentunya ini yang dibutuhkan konsumen dan mintalah ia untuk membuat anda tertarik membeli atau memakai produk maupun jasa itu. Anda akan melihat jelas kompetensi dan profesionalitasnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari Halo Komunikasi Sejahtera yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top