Inspirasi

Cara Mencegah Masalah dalam Berbisnis

Cara Mencegah Masalah dalam Berbisnis

Cara Mencegah Masalah dalam Berbisnis

Cara Mencegah Masalah dalam Berbisnis. Dalam menjalankan usaha, tentu kita tidak bisa lepas dari berbagai permasalahan. Tetapi tahukah anda, ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau meminimalisir masalah yang akan terjadi ? jika anda masih bingung maka anda bisa membaca ulasan ini sampai tuntas untuk dapat mengerti dan memahami langkah apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari masalah atau mencegah terlalu banyak masalah yang menghambat. Sebelumnya, saya akan jelaskan ada dua tipe masalah yang akan kita hadapi dalam menjalankan bisnis. Pertama, masalah yang tidak bisa kita hindarkan, contohnya adalah banyaknya competitor, kita tidak mungkin menyuruh mereka pindah atau mengganti usaha mereka bukan ? Itulah kenapa kita tidak dapat menghindari atau mencegahnya. Dan masalah yang kedua adalah masalah yang sebenarnya bisa kita cegah terjadi. Contohnya seperti minimnya produktifitas pegawai. Tentu masalah ini tidak akan terjadi jika di awal awal pendirian usaha, kita merekrut tenaga tenaga yang ahli dan professional minimal 2 atau tiga orang dan selebihnya tenaga berkualifikasi normal. Tentunya sang professional bisa anda minta untuk mengarahkan pegawai yang berkualifikasi dibawahnya untuk memanahami apa yang harus dilakukan. Atau singkatnya mereka bisa mengajarkan sang junior. Cara Mencegah Masalah dalam Berbisnis

Nah, tipe masalah yang kedua inilah yang akan kita bahas disini. Sejujurnya, ada banyak sekali masalah yang seharusnya dapat dicegah agar tidak terjadi di masa yang akan datang. Dan ini sering sekali diabaikan oleh para pemilik bisnis atau perusahaan, jadi sangat penting untuk memperhatikan hal –hal semacam ini. tentunya kita tidak ingin terlalu banyak masalah bukan ? masalah memang tidak bisa dihindarkan tetapi ada yang bisa dicegah agar tidak terlalu banyak masalah. Seperti ada satu pernyataan bilang, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan berikut ini adalah langkah langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah permasalahan yang terlalu banyak.

  1. Ide Bisnis Yang matang dan Teruji

Anda pasti memahami mengenai judul yang diatas. Tentunya setiap kita pasti butuh ide untuk memulai bisnis. Dengan keberadaan ide barulah kita bisa menjalankan bisnis dengan menerapkan apa yang kita sebut ide tadi. Namun, kenyataannya masih banyak pengusaha yang mengabaikan langkah awal ini. mereka cenderung terburu buru mengambil langkah karena obsesi yang besar akan kesuksesan. Ini harus kita hindarkan agar tidak membawa bencana. Kita harus sabar dan pikirkan dengan matang ide macam apa dan bagaimana cara menjalankannya. Setelah ide itu matang, kita harus uji lagi dengan meneliti peluang dari ide tersebut dan bisa berkonsultasi pada kerabat atau saudara dan orang dekat lainnya dan kita bisa berkonsultasi pada pihak yang ahli. Dengan begitu kita tidak akan kesulitan menjalankannya atau mengembangkan usaha kita apalagi mejaring potensi pasar.

  1. Perencanaan Yang Matang

Perencanaan juga tidak bisa dibuat dengan asal asalan. Masih banyak usaha yang tidak mementingkan perencanaan yang pada akhirnya harus mengalami banyak permasalahan yang seharusnya tidak terjadi. Contohnya mereka yang tidak mau membuat atau memperhatikan perencanaan keuangan, pasti anggaran mereka akan terserap ke pos pos yang tidak penting dan yang seharusnya diutamakan malah diabaikan. Atau pengeluaran yang tidak terkendali dan terkontrol. Tentu ini masalah yang sangat serius, anda sekalian yang pernah mengalamainya pasti setuju bukan ? Dan perencanaan yang kita bahas disini bukan hanya perencanaan keuangan saja, tetapi juga dalam segala aspek bisnis seperti segmen pasar, produksi, distribusi, advertising dan masih banyak lagi. Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu karena ini tergantung pada kondisi dan jenis usaha anda. Dengan adanya perencanaan ini, usaha yang kita kelola akan lebih terarah dan teratur karena memiliki landasan atau rel yang harus ditaati dan mengarahkan pada tujuan yang jelas. Dengan begitu kita akan terhindar dari segala masalah yang menyangkut keteraturan dan arah bisnis yang dijalani.

  1. Strategi Khusus

Tentunya kita mau bisnis kita maju dan berkembang. Dan untuk mewujudkan hal ini, kita membutuhkan penguasaan pasar yang baik bukan ? untuk menguasai pasar tentu kita membutuhkan strategi khusus yang bisa kita gunakan sebagai senjata ampuh untuk mewujudkannya. Dengan begitu, kita tidak akan kalah dalam persaingan pasar dengan para competitor, bahkan kita bisa merebut konsumen mereka. Pentingnya strategi khusus bukan hanya dilihat dari peluang pasar yang baik, tetapi juga dalam segala aspek ekonomi yang berkaitan dengan bisnis yang dikelola. Anda bisa bayangkan jika strategi yang anda miliki entah itu strategi pemasaran, produksi, strategi branding atau advertising dan lainnya hanya strategi biasa yang sudah dijalankan banyak orang. Pasti anda akan kalah bersaing dengan mereka yang sudah go public sebelum usaha anda. Mereka yang sudah berpengalaman dan sudah lebih dulu menerapkan hal tersebut, pasti anda akan sulit melawannya bukan ? dengan adanya strategi khusus, anda bisa terhindar dari masalah seputar pemasaran, konversi transaksi jual, efektifitas branding, dan lain sebagainnya.

  1. Tempatkan Tenaga Pro Di setiap Lini Usaha Anda

Kebanyak pengusaha, hanya memperhatikan aspek produksi dan penjualan. Terlalu mementingkan membuat sebanyak banyaknya dan menjual sebanyak banyaknya. Keadaan ini membuat mereka mati matian mencari tenaga produksi dan pemasaran yang ahli. Sebetulnya ini salah besar. Mengapa ? terjadi ketimpangan kualitas di lini usaha yang lainnya. Tentunya bisnis bukan perkara produksi dan jual saja tetapi masih banyak lini lain seperti menejemen, lini branding, lini distribusi, lini strategi, dan lainnya. Seharusnya, kita mencari orang orang yang ahli untuk setiap lininya. Minimal setiap lini memiliiki 2 atau 3 orang senior yang bisa mengarahkan atau mengajarkan hal hal penting bagi para suksestornya. Jika sudah demikian, pasti kualias dalam setiap produksi lini yang terlibat baik. Bukan hanya dari produksi dan pemasaran, tetapi dari sektor manajemen dan efektifitas kerja serta periklanan yang bagus.

  1. Modal Yang Lebih

Pasti setiap pengusaha membutuhkan modal untuk menjalankan usahanya. Dan sebagian besar membangun usaha dengan modal yang cukup. Tetapi kenyataannya mereka akan mengalami suatu masalah yang serius berhubungan dengan keuangan. Biasanya masalahnya adalah muncul biaya biaya tidak terduga yang tidak diperhitungkan diawal. Contohnya, ketika bisnis sedang mengalami pasang surut dan membutuhkan pengenalan yang lebih luas kepada masyarakat dengan melakukan periklanan. Tentu periklanan tidak gratis dan mereka harus terus menganggarkan untuk pos tersebut dan disaat yang bersamaan modal yang ada sudah menipis karena perizinan, biaya operasional dan lain sebagainya. Tentu ini membawa maslah tersendiri bukan, belum lagi ada biaya biaya tidak terduga seperti contohnya, gudang usaha yang terbakar dan menghanguskan barang siap jual dan barang setengah jadi hingga bahan baku. Tentunya ini menjadi pukulan telak bagi mereka yang anggaran pas pasan dan tidak memperhitungkan hal ini bukan ? Jadi anda harus mempersiapkan modal yang lebih dari cukup untuk dapat mencegah hal semacam ini terjadi.

Sekali lagi saya tekankan, setiap usaha atau bisnis yang dikelola tidak bisa mengelak dari masalalah yang menghadang, tetapi kenyataannya banyak masalah masalah yang terjadi padahal seharusnya tidak perlu terjadi. Jadi, melakukan pencegahan sangat penting untuk meminimalisirnya. Cara Mencegah Masalah dalam Berbisnis

BACA JUGA

Cara Mempertahankan Usaha yang Hampir Bangkrut

Faktor Penghambat Kemajuan Usaha

Sponsore Link jasa google adwords

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments


PeluangUsahaTerkini.com adalah sebuah website portal berita resmi dari Halo Komunikasi Sejahtera yang dibuat khusus untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang usaha yang ada saat ini, Pembelajaran internet marketing bagi pemula, Tips & Trick seputar internet marketing.

Subscribe Now

Visit Our Facebook

Copyright © 2017 Peluang Usaha Terkini

To Top